Selasa, 27 November 2012

Lomba Karya Ilmiah SMA Tingkat Nasional 2013

Dalam rangka memacu generasi muda untuk terlibat dalam pelestarian sumber-sumber air dan pengelolaan sumber daya air serta meningkatkan kegiatan penelitian dan pengembangan bidang sumber daya air pada generasi muda, Pusat Litbang Sumber Daya Air, Badan Litbang Kementerian Pekerjaan Umum mengadakan Lomba Karya Ilmiah untuk Nasional Tahun 2013 dengan tema "Generasi Muda dan Ketahanan Air". Tema Lomba Karya Ilmiah tersebut dirinci menjadi subtema-subtema sebagai berikut:
  1. Dukungan Generasi Muda dalam Konservasi Sumber Daya Air.
  2. Dukungan Generasi Muda dalam Pemanfaatan Daya Guna Air.
  3. Dukungan Generasi Muda dalam Mengurangi Daya Rusak Air.
  4. Partisipasi Masyarakat untuk Mendukung Ketahanan Air.
Penyelenggaraan Lomba Karya Ilmiah untuk Siswa SLTA Tingkat Nasional oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air yang diselenggarakan secara rutin, tahun ini sudah memasuki tahun ke-6 (enam). Pada tahun 2012 jumlah makalah yang diterima mencapai 373 buah dengan peserta yang berasal dari 26 provinsi di Indonesia. Seleksi peserta Iomba akan dinilai oleh tim penilai dari peneliti di Iingkungan Pusat Litbang SDA,  LIPI, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan Surya Institute.

Adapun hal-hai yang berkaitan dengan persyaratan, penilaian tulisan dan jadwal pengiriman, para peserta diminta untuk memenuhi hal-hal sebagai berikut:
  1. Peserta wajib mengirimkan makalah Lengkap dalam bentuk Hardcopy dan Softcopy
  2. Makalah Lengkap diterima oleh panitia paling Lambat tangga|12 April 2013 (Cap pos/ekspedisi) sebanyak 2 (dua) eksemplar beserta softcopy bentuk CD.
  3. Softcopy makalah paling Iambat dikirim tanggal 12 April 2013 melalui Email : lombailmiahpusair2013@gmail.com
  4. Pada Lomba ini penyeleksian dilakukan sebanyak tiga tahap, yaitu :
    • Tahap pertama dilaknhkan penyeleksian terhadap kelengkapan karya tulis.
    • Tahap kedua akan dilakukan seleksi terhadap : keterkaitan judul dengan tema/sub tema, tata bahasa, tata cara penulisan, orisinalitas, inovasi dan manfaat.
    • Penulis karya tulis yang terpilih dari seleksi tahap kedua akan diundang untuk mengikuti seleksi tahap ketiga dengan mempresentasikan makalahnya di Puslitbang Sumber Daya Air padamriteria yang dinilai dalam tahap presentasi adalahz kemampuan penyampaian materi, penguasaan materi, teknik presentasi, ketepatan waktu dan sistematika penyampaian materi (seluruh biaya akomodasi dan penginapan peserta seluruhnya ditanggung oleh panitia).
  5. Ketentuan dan keterangan Lebih Lanjut disajikan pada Lampiran dan dapat dilihat di website http://www.pusair-pu.go.id 
  6. Makalah yang Lolos pada tahap kedua akan diumumkan pada tanggal 29 April 2013 melalui website http://www.pusair-pu.go.id 
  7. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 15 Mei 2012 pada acara Kolokium Hasil Litbang Sumber Daya Air di Puslitbang Sumber Daya Air.

Sekretariat Panitia:
JI. lr. H. Juanda No. 193, Bandung

Contact Person :
Dichan : 08122 0185 662
Rudi : 08122 0185 663

7 komentar:

  1. http://www.pusair-pu.go.id tidak bisa diakses . bagaimana saya melihata tata cara dan ketentuan penulisan ?

    BalasHapus
  2. maaf sebelumnya, makalah ini untuk perseorangan atau perkelompok? jika perkelompok dikhususkan untuk berapa orang?

    BalasHapus
  3. semoga saja ada perwakilan yang masuk dari sekolah SMAN 24 kab.Tangerang untuk mengikuti karya ilmiah tersebut

    BalasHapus
  4. Postingannya sangat bermanfaat .

    BalasHapus
  5. ada cntoh makalahnya yang tahun lalu gag ?

    BalasHapus
  6. ketentuan penulisan di lihat dimana?
    :|

    BalasHapus

Mohon kritik dan saran